Sabtu, 06 Agustus 2016

Scriptless Trading di Bursa Efek Indonesia

Pada tahun 2000 Bursa Efek Indonesia (BEI) melaksanakan perdagangan saham tanpa warkat alias scriptless trading. Jadi, jika anda akan menjadi investor di bursa saham jangan membayangkan anda akan menyimpan sertifikat/warkat saham secara fisik. Lalu apa buktinya saham yang sudah kita beli menjadi milik kita.? Bagaimana juga saham yang kita jual diserahkan ke pembelinya.? bagaimana dengan penyerahan dan penerimaan uang dari jual beli saham yang kita lakukan? Pertanyaan - pertanyaan seperti itu akan ada dipikiran para pemula yang baru ingin memulai investasi di bursa saham.
 
Ketika anda membuka rekening efek di perusahaan sekuritas anda juga sekaligus akan membuka Rekening Dana Investor (RDI) untuk menyimpan uang tunai anda yang akan dipergunakan untuk bertransaksi saham. Rekening Dana Investor ini yang akan anda pergunakan untuk deposit modal, untuk membeli dan menjual saham, dan untuk menarik/withdraw uang dari hasil transaksi saham ke rekening bank anda. sehingga dalam proses ini transaksi jual beli saham akan dilakukan dengan cara mendebit dan mengkredit Rekening Dana Investor anda  secara otomatis oleh perusahaan sekuritas. Sementara rekening efek akan dipergunakan untuk mendebit dan mengkredit jumlah saham anda oleh perusahaan sekuritas.
 
Lantas apa buktinya saham yang kita beli benar-benar dikreditkan oleh perusahaan ke rekening efek nasabah? anda jangan khawatir karena dalam proses ini ada lembaga diluar perusahaan sekuritas yang menjamin pertukaran saham ke tangan pemiliknya yang sah yaitu Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI). KSEI inilah yang akan bertugas menyimpan perpindahan saham. Ketika ada kesalahpahaman antara nasabah dan perusahaan mengenai kepemilikan sahamnya, maka data yang terdapat di KSEI yang akan dipakai.
 
Setiap investor yang membuka rekening efek akan mendapatkan kartu AKSES dari KSEI. Jadi mintalah selalu Rekening AKSES melalui perusahaan sekuritas tempat anda membuka rekening efek. Dengan adanya kartu AKSES ini bertransaksi saham menjadi aman, nyaman dan tenang. Investor bias mengecek kepemilikan sahamnya dengan kartu AKSES ini di websitenya KSEI.
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar